Diskominfo Selenggarakan Sarasehan Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba

Diskominfo.Majalengkakab.go.id dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya. Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka dalam hal ini Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi melalui Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, menyelenggarakan Sarasehan Kebijakan Pemerintah dan Program Pembangunan dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba, bertempat Balai Desa Jatipamor Kec. Panyingkiran, Jum’at malam (20/7).

Kegiatan Sarasehan yang dikolaborasikan dengan kelompok Seni Sunda Panghegar kali ini, dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfo, Kapolres Majalengka yang dalam hal ini diwakili Kanit Binpolmas Sat Binmas Aiptu Eka Sukmana, Camat Panyingkiran, Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi, Kepala Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, Kepala Desa, ketua BPD, Ketua LPM, para Ketua RT/RW Desa Jatipamor, para Sesepuh Desa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat, warga masyarakat Desa Jatipamor serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Camat Panyingkiran, Dra. Lilis Mulyaningsih, MM., menyambut baik dilaksanaknnya kegiatan program sarasehan yang dikemas oleh Diskomifo mengenai pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba, ini merupakan satu kehormatan bagi Kec.Panyingkiran khususnya desa Jatipamor yang menjadi salah satu desa terpilih untuk mendapatkan program sosialisasi ini.

Camat menambahkan, terkait dengan Narkoba ini sudah seharusnya  mendapatkan perhatian khusus bagi kita semua, terkhusus bagi warga masyarakat desa Jatipamor dengan kegiatan ini diharapkan untuk lebih saling mengingatkan, tetap siaga dan waspada akan bahaya narkoba, selain itu juga kepada para tokoh agama agar lebih intens memberikan ceramah khutbah dengan materi tentang bahaya narkoba hal ini tentunya dalam upaya pencegahan penyalahgunaan bahaya narkoba dikalangan masyarakat khususnya kepada generasi muda yang rentan terhadap narkoba.

“Kepada tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat mari bersama-sama mengawasi anak-anak kita agar tidak terjerumus kedalam bahaya penyalahgunaan narkoba agar generasi muda kita terbebas dari bahaya narkoba”,tutur Camat.

Sementara itu sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka yang diwakili Sekretaris Diskominfo, Drs. Syarifudin Miftah, M.Si., mengatakan bahwa kegiatan  ini merupakan bagian dari fungsi Diskominfo sebagai bagian program pembangunan di Kab. Majalengka, tema yang di sajikan dalam kegiatan kali ini mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba, sebagaimana yang kita ketahui bersama dan telah disampaikan oleh Kepolisan bahwasanya negeri ini sedang darurat narkoba tak terkecuali di Kab.Majalengka yang pada saat ini sedemikian masif terjadi pada generasi muda sehingga Diskominfo sebagai lembaga yang membidangi komunikasi memandang penting untuk diadakan sarasehan tentang narkoba.

Lebih lanjut Sekdis mengemukakan bahwa kegiatan sarasehan mengenai narkoba ini penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat Majalengka terutama generasi mudanya terhindar dari penyalahgunaan narkoba sehingga nantinya akan menghasilkan generasi muda yang berkualitas di Kab. Majalengka. Kegiatan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat bentuknya juga tidak hanya seperti ini saja akan tetapi dalam bidang komunikasi kita juga membentuk lembaga-lembaga komunikasi yang dinamakan KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat.

Sekdis menambahkan, KIM dibentuk untuk berperanserta dalam menyampaikan informasi mengenai kebijakan pembangunan Majalengka terkhusus untuk sarasehan ini juga KIM ikut berperan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat akan bahanya penyalahgunaan narkoba, dengan adanya KIM diharapkan untuk lebih aktif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga bahaya yang akan terjadi kepada generasi muda di Kab. Majalengka ini dapat tertangani, jadi selain dari lembaga resmi dari Kepolisian juga kita secara swadaya menggandeng kelompok-kelompok informasi masyarakat di Kab. Majalengka sebagai upaya menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Harapan saya setelah sarasehan ini ada dampak yang baik terutama pengetahuan dari masyarakat baik itu dari pemuda sendiri ataupun dari orang tua untuk bisa menginformasikan, bisa mengantisipasi bahaya-bahaya yang muncul pada saat ini dimasyarakat”tutur Sekdis.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba yang dibawakan oleh Aiptu Eka Sukmana Kanit Binpolmas, “ Ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting karena peredaran narkoba khususnya di Kab. Majalengka sudah bukan rahasia lagi sudah merebak hingga ke pelosok desa dengan kegiatan sarasehan ini merupakan bentuk antisipasi peredaran narkoba di Kab. Majalengka dan saya berterimakasih serta mengapresiasi kegiatan sarasehan yang digagas oleh Diskominfo, ini juga sebagai upaya bersama antar instansi terkait untuk menekan peredaran narkoba khususnya di Kab. Majalengka”, ujar Aiptu Eka.

About the author: diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.