Diskominfo Selenggarakan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan SDM Komunikasi

Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka dalam hal ini Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika melalui Seksi Pengelolaan Informatika melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengembangan SDM Komunikasi dalam bentuk Bimbingan Teknis Pengembangan SDM Aplikasi Desa bertempat di Aula Kokardan Kabupaten Majalengka, Selasa (3/10).

Dalam laporannya Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika Rahmat Kartono, S.STP., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan pembinaan dan pengembangan SDM Komunikasi saat ini merupakan kelanjutan dari kegiatan yang telah diprogramkan tahun sebelumnya untuk mencapai target seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Majalengka.

Menurut Rahmat kegiatan yang diselenggarakannya memiliki maksud di antaranya; menyikapi arah perkembangan teknologi yang semakin menyasar ke segala bidang, menariknya desa dengan Dana Desa yang jumlahnya besar, serta untuk mempersiapkan, melatih perangkat desa agar mampu menjadi operator desa yang baik.

Lebih lanjut Rahmat mengemukakan bahwa kegiatan pembinaan dan pengembangan SDM Komunikasi berlangsung selama dua hari, tanggal 3 s.d. 4 Oktober 2017 dengan keseluruhan peserta berjumlah 80 orang yang merupakan sisa target operator desa.

Mengakhiri laporannya, Rahmat mengemukakan harapannya atas kegiatan tersebut, “Mudah-mudahan melalui bimbingan teknis ini dapat membentuk SDM yang mampu mengaplikasikan Silladu, menjadi agen perubahan di masyarakat serta dapat bermanfaat untuk desa.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Drs. Maman Sutiman mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaannya atas kehadiran para peserta dari desa/kelurahan pada kegiatan bimbingan teknis tersebut.

Menurut Maman, kegiatan bimbingan teknis tersebut dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

“Anggaran pemerintah memang terbatas, jadi kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan secara bertahap sesuai anggaran yang tersedia. Karena itu kegiatan bimteknya sudah dilaksanakan dari tahun sebelumnya,” tutur Maman.

Menyikapi perkembangan iptek yang semakin pesat, Maman mengajak para peserta bimtek untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarat melalui Aplikasi Desa (Siladdu) yang sudah disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka.

Maman juga mengemukakan, bahwa selain penggunaan Siladdu untuk untuk operasional di desa, Siladdu juga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan potensi yang ada di desa masing-masing, baik potensi alam maupun potensi sumber daya manusia dan produksi unggulan yang terdapat di masing-masing desa.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Maman mengharapkan agar kita semua dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar kita dan membuka secara resmi kegiatan bimtek tersebut dengan mengucap Basmalah.

About the author: diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.