Diskominfo Selenggarakan Internet Sehat

DISKOMINFO.MAJALENGKAKAB.GO.ID Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya. Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka dalam hal ini Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi melalui Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, menyelenggarakan Internet Sehat dengan tema Internet yang Aman dan Sehat Mencerdaskan Bangsa Membuka Cakrawala Dunia, bertempat di SMPN 2 Majalengka, Kamis (16/8).

Kegiatan Internet Sehat kali ini dihadiri Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi Diskominfo Kab. Majalengka, Kepala Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, Kepala Sekolah beserta jajaran guru dan Siswa-Siswi SMPN 2 Majalengka, serta para tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Majalengka, Dedi, S.Pd., M.MPd., dan dilanjutkan sambutan dari Kabid PPK Diskominfo Kab. Majalengka, Dadang Setiawan, S.Sos.

Sementara itu Kepala Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik Diskominfo, Ria Restiana, S.Sos., M.Si., mengemukakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini diharapkan siswa-siswi pelajar bisa menggunakan atau memanfaatkan internet secara baik, aman dan sehat, sehingga para pengguna internet ini tidak menyalahi dari aturan yang sudah ditetapkan yaitu berdasarkan pada Undang-Undang ITE Tahun 2008, yang didalamnya terdapat hal-hal yang dilarang seperti dalam pasal 27 UU ITE tahun 2008.

“Oleh karena itu, mari kita sama-sama gunakan internet ini secara baik,”Ujar Kasi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik Diskominfo.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai penggunaan internet yang aman dan sehat untuk remaja yang dibawakan oleh Azzis Amrullah, S.Pd.I., “Dalam menggunakan internet kita bisa melihat banyak modus penipuan, berita hoax dan banyak juga pengguna internet yang terjebak dalam ujaran kebencian. Namun internet juga memiliki dampak positif seperti sebagai media penyebaran informasi, memperluas jaringan pertemanan dan sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial”, ujar Azzis.

Tips berinternet yang aman dan sehat yaitu 1) pasang aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki (anti virus, anti malware, anti spyware, anti spam, anti adware, dll) di komputer; 2) jangan merespon e-mail dari pengirim yang tidak dikenal (spam) dan jangan membuka link yang diberikannya; 3) batasi pemberian informasi yang bersifat pribadi (seperti alamat, nomor telepon, data orangtua, dll) melalui internet, baik di akun pribadi atau kepada teman chating; 4) batasi pemasangan foto atau video pribadi di internet, pastikan foto atau video yang dipasang tidak akan merugikan diri sendiri atau orang lain; 5) segala sesuatu yang bersifat pribadi lebih baik tidak dipublikasikan di halaman yang bisa di akses umum. Beri porsi komentar yang sewajarnya. Ingat pada siapa kita berkomentar, pada teman, guru, dosen atau orangtua; 6) Jangan terpancing untuk menambah teman sebanyak-banyaknya, di situs pertemanan, dengan cepat dan tidak melakukan penyaringan; 7) tidak semua informasi yang beredar di internet adalah benar. Lakukan pengecekan ulang dan kenali sumber informasi tersebut; 8) kenali pengguna yang berpotensi melakukan tindakan asusila, putuskan kontak dengan segera; 9) jika akan bertemu dengan teman chat, selalu memilih lokasi di tempat umum, mengajak teman, serta menginformasikan rencana tersebut pada orang rumah; 10)  jangan melakukan ujaran kebencian di medsos, mengakses konten ilegal, seperti pornografi, perjudian, rasisme, pelecehan SARA, dll.

About the author: diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.