Diskominfo Kab.Majalengka Selenggarakan Rapat Koordinasi Forum KIM Kab. Majalengka

Diskominfo.Majalengkakab.go.id dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya. Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka dalam hal ini Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi melalui Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kab. Majalengka, Bertempat di Meeting Room Diskominfo Kab. Majalengka, Rabu (4/7).

Rapat Koordinasi KIM dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka serta dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Komunikasi Diskominfo Kab. Majalengka, Kepala Seksi Kemitraan Media dan Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Majalengka, para anggota KIM se-Kab. Majalengka, serta para tamu undangan lainnya

Melalui sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka, Drs. Maman Sutiman, mengemukakan bahwa KIM merupakan mitra kerja dalam pemeberdayaan kelompok informasi masyarakat dan juga sebagai ujung tombak dalam penyampain informasi kepada masyarakat. Tujuan rapat koordinasi KIM kali ini adalah untuk menyelaraskan dan merumuskan terkait program kerja KIM kedepan dan sekaligus merestrukturisasi kepengurusan KIM Kab. Majalengka. Sebagaimana yang telah diketahui bersama KIM Kab. Majalengka ditunjuk sebagai koordinator KIM di wilayah III, ini artinya program kerja yang telah kita laksanakan selama ini dipandang baik oleh KIM se wilayah III dan juga Diskominfo Jabar. Tentunya harpan kami kedepan penyelenggaran kegiatan KIM ini bisa lebih ditingkatkan lagi

Lebih lanjut Kadiskominfo memaparkan bahwa tujuan KIM adalah bagaimana bisa mengembangkan daya usaha masyarakat, KIM merupakan salah satu wujud dari bagaimana memberdayakan masyarakat sekitar dan bukan hanya dibentuk untuk memenuhi kebutuhan KIM itu sendiri akan tetapi bagaimana KIM ini bisa menyalurkan kreativitas kepada masyarakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui KIM masyarakat juga dapat dengan mudah mengakses informasi apa saja mengenai kebijakan Pemerintah Derah Kab. Majalengka yang terus dapat diketahui secara berkelanjutan, disamping informasi-informasi tersebut bagaimana KIM juga bisa menciptakan suatu wadah masyarakat dalam hal kreativitas terutama dalam menunjang ekonomi kreativ masyarakat. Melalui pemberdayaan dan pengembangan masyarakat yang ada disekitar kita akan maju dan tidak akan ketinggalan oleh daerah lain di luar Kab. Majalengka.

“Saya berharap setelah dibentuknya kepengurusan KIM yang baru ini, kita bisa bersatu padu bagaimana mewujudkan Kemajuan KIM di Kab. Majalengka ini”, tutur Kadiskominfo.

Sementara itu sambutan dari Kepala Bidang Pengembangaan dan Pengendalian Komunikasi Diskominfo Kab. Majalengka, Dadang Setiawan, S.Sos., mengemukakan bahwa dengan dilaksanakannya koordinasi ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan kerjasama kemitraan diantara Diskominfo dengan KIM, kelompok KIM ini berkedudukan sangat jelas dimana telah diatur oleh Pemerintah dan harus berjalan bersama untuk diberdayakan. Pada kesempatan ini juga kita akan menyusun kembali kepengurusan KIM Kab. Majalengka yang baru meskipun tidak terlepas dari kedudukan yang lama, dengan harapan terkait program-program kedepan akan lebih terkoordinasi dengan baik demi kemajuan KIM Kab. Majalengka khususnya dan ikut serta dalam memajukan pembangunan di Kab. Majalengka.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan diskusi forum untuk membentuk susunan kepengurusan KIM Kab. Majalengka yang baru, dengan berbagai pertimbangan bersama secara musayawarah antar anggota KIM yang hadir dalam rapat, tercapailah susunan kepengurusan KIM Kab. Majalengka dengan menjadikan saudara Iman Sabumi dari BPK OI sebagai Ketua KIM Kab. Majalengka, Ketut Aminudin dari Konser Kampung sebagai Sekretaris, Eman Kurdiman dari Saung Eurih sebagai Bendahara I, H. Asep Supardan dari Asosiasi Pengelola Pariwista Indonesia (APPI) sebagai Bendahara II.

“Jabatan Ketua Ini merupakan amanah yang harus dilaksankan dengan penuh tanggung jawab, dan juga harus di Implementasikan di masyarakat bagaimana kemudian KIM ini bermanfaat sesusai dengan yang diharapkan oleh kita semua, baik oleh Pemerintah maupun masyarakat. Yang pertama dilakukan setelah dibentuknya kepengurusan ini adalah konsolidasi kepengurusan terlebih dahulu kemudian menyusun program-program mengenai bagaimana kemasan-kemasan informasi supaya sampai kepada masyarakat dan nilainya mempunyai kemaslahatan, sehingga harapan dengan adanya KIM ini informasi-informasi baik itu dari masyarkat ke Pemerintah maupun sebaliknya harus bisa tersampaikan sehigga antara masyarakat dan Pemerintah dapat saling  bersinergi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan”ujar Iman.

About the author: diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.