Diskominfo Sosialisasikan Pemanfaatan Server

Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokok dan fungsinya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka dalam hal ini Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika melalui Seksi Pengelolaan Informatika melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Server di Lingkungan Pemkab Majalengka, bertempat di meeting room RM Tiga Dara, Jum’at (8/12).
Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka, Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika Dinas Kominfo Kab. Majalengka, Kepala Seksi Pengelolaan Informatika Dinas Kominfo Kab. Majalengka, Div. Keorganisasian RTIK Majalengka, para peserta sosialisasi perwakilan dari OPD dan Kecamatan se-Kab. Majalengka.
Mengawali acara sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Majalengka yang di wakili oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Dra. Hj. ETTY RUSMIATI, M.Si., mengatakan bahwa di era globalisasi ini teknologi semakin berkembang hampir di setiap kalangan menggunakan teknologi, dikarenakan teknologi dapat mempermudah suatu pekerjaan manusia.
Menurut Sekdis Kominfo, dengan kemajuan teknologi diperlukan infrastuktur yang memadai dalam mendukung berbagai aspek pengembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin canggih diperlukan adanya inovasi-inovasi yang mampu membuat pekerjaan kita lebih efektif dan efisien juga tepat akurat serta transparan.
Lebih lanjut Sekdis Kominfo memaparkan bahwa sebagai penyelenggara Pemerintah Daerah, Pemkab Majalengka perlu berbenah dan merespon tuntutan masyarakat untuk menyediakan birokrasi yang efektif dan efisien diantaranya melalui inovasi pelayanan publik yang menjadi bagian dari E-Government, maka untuk menunjang pelaksanaan E-Government Dinas Kominfo menyediakan infrastruktur yaitu berupa server yang memiliki standar yang mendukung pelayanan pemerintahan berbasis elektronik tersebut. Adapun pemanfaatan server Diskominfo yang sekarang sudah berjalan yaitu, Web portal OPD, Aplikasi server, File sharing antar OPD, Email server, DNS server, TMC, Video Conference antar OPD dan Radio streaming.
“Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan server Dinas Kominfo dalam menunjang pembangunan E-Government di lingkungan pemerintah Kab. Majalengka”tutur Sekdis Kominfo.
Sementara itu sambutan dari Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika Rahmat Kartono, S.STP., M.Si., memaparkan bahwa kewajiban bagi setiap OPD untuk memiliki web, domain dan subdomain. Untuk web sendiri sudah dipetakan pada bulan Februari dan dikirim kepada setiap OPD bahkan Kecamatan, kemudian untuk email memang sudah dibuat terdahulu akan tetapi masih pasif dan kami akan bangkitkan kembali, kami akan mengirim surat kepada OPD mengenai email, username dan pasword yang harus dimiliki oleh OPD dan Kecamatan, pada prinsipnya di satu sisi tertentu kita harus menyelesaikan sesuatu yang sudah ada dan kemudian melangkah ke langkah selanjutnya.
Menurut Rahmat, ke depan kita akan membuat regulasi bahwa pada saat berkirim surat sudah berbentuk email dan bukan berbentuk faksimile atau fisik, sehingga tidak ada alasan bagi setiap OPD bahkan Kecamatan untuk tidak menerima informasi melalui email, oleh karena itu kami tuntut rekan-rekan di OPD dan Kecamatan untuk terus membuka web ataupun emailnya guna mengetahui sudah sampaikah informasi yang disampaikan.
Lebih lanjut Rahmat memaparkan untuk jaringan interkoneksi untuk 8 OPD dengan memperhitungkan kondisi eksisting infrastruktur yang sudah ada, terlebih dahulu diantaranya Dishub, Diskominfo, Disnakerin, Dinas Pendidikan, Disparbud, Distankan, DPKAD, Bapelitbangda dan untuk di Desember ada 13 OPD kami akan targetkan termasuk BMCK, DPMTPSP, SETDA, DINKES, dan untuk wilayah terjauh yakni RSUD Cideres akan coba kami selesaikan hal ini tentunya dengan tujuan untuk menertibkan dalam membuat metadata yang baik dan benar.
“Diskominfo tidak hanya menyediakan ruangnya atau jaringannya saja akan tetapi disertai pelatihannya guna mewujudkan pembangunan E-Government di Lingkungan Pemkab Majalengka”,tutur Rahmat.
Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi dari M. Ramdan S.G.P dari Divisi Keorganisasian RTIK Majalengka sebagai Narasumber pada kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Server di Lingkungan Pemkab Majalengka. Usai paparan dari Narasumber kegiatan dilanjutkan dengan interaksi bersama peserta sosialisasi melalui sesi tanya jawab, keseluruhan rangkaian acara berjalan lancar dan kondusif.

About the author: diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published.